Breaking News
Belum ada Nanti aja di isi ...
Sunday 30 March 2014

Perawatan gigi Gigis pada anak anda

Gigis atau Rampant Caries alias rampan karies alias gigis adalah suatu kondisi gigi berlubang pada anak yang ditandai dengan munculnya karies di sekitar gigi. Yang paling sering mengalami rampan karies biasanya gigi seri atas, tetapi tidak menutup kemungkinan bisa terjadi pada gigi seri bawah dan gigi geraham.

Menurut berbagai penelitian, kejadian rampan karies ini mencapai 90% pada anak usia 3 hingga 6 tahun, utamanya terjadi di negara berkembang. Hal itu disebabkan karena semakin bervariasinya makanan dan minuman yang dikonsumsi si kecil namun tidak diiringi dengan bertambahnya tingkat kesadaran orang tua untuk menjaga kebersihan gigi dan rongga mulut anaknya.

Pada umumnya rampan karies terjadi pada gigi susu, yaitu kelompok gigi yang pertama kali tumbuh sebelum berganti dengan gigi permanen.

Susu formula dalam botol, permen, es krim dan aneka makanan manis yang lain, jika cara mengonsumsinya salah maka bisa menjadi penyebab rampan karies. Sisa-sisa makanan dan minuman itu tadi akan mengendap di gigi, menimbulkan suasana asam yang membuat gigi menjadi lunak dan terkikis sedikit demi sedikit.

Sebaiknya dicabut atau dibiarkan?

Jika gigi anak mengalami rampan karies, sebaiknya dibiarkan saja, tidak perlu dicabut. Jika sisa gigi tersebut dicabut, justru akan menyebabkan gigi baru akan tumbuh tidak beraturan. Sisa akar gigi tersebut dengan sendirinya akan terdorong oleh gigi baru dan kemudian terlepas. Lagian biasanya rampan karies ini terjadi pada banyak gigi, kasihan anaknya juga jika harus dicabut satu per satu :)

Yang terpenting, kebersihan gigi anak harus benar-benar diperhatikan. Ajarkan sikat gigi sejak dini kepada anak. Lalu setiap habis mengonsumsi makanan dan minuman manis, ajarkan anak untuk berkumur. Dengan berkumur maka sisa makanan dan minuman akan larut dan terbuang.

Sumber


Jika Informasi kurang Jelas, Silahkan Klik 'Sumber' untuk menuju ke sumber artikel

1 comments:

  1. Artikelnya lengkap dan menarik, tidak membosankan untuk disimak, tipsnya bermanfaat banget...Obat Panas Dingin
    Memperbesar Penis

    ReplyDelete

 
Toggle Footer