Breaking News
Belum ada Nanti aja di isi ...
Monday 24 March 2014

Eczema bayi yang baru lahir

Eczema atau biasa dikenal eksim adalah gangguan peradangan yang menyerang lapisan kulit. Eksim tampak bervariasi tergantung lama peradangan itu sendiri. Jika kondisi peradangannya masih baru, kulit akan tampak merah, basah dan bengkak. Jika kondisi peradangannya merupakan kambuhan akan tampak kering, bersisik dan berwarna hitam. Penyakit kulit Eczema atau eksim adalah jenis penyakit kulit yang paling sering menyerang kulit bayi yang sensitif. Eksim ini dapat mengakibatkan kondisi kulit bayi menjadi perih dan gatal, sehingga bayi menjadi mudah rewel.

Eksim yang terjadi pada bayi baru lahir, umumnya dapat dikategorikan menjadi 2 jenis, yaitu:


  • Eksim popok, yaitu eksim yang diakibatkan pada penggunaan popok yang tidak tepat sehingga menimbulkan gejala awal berupa iritasi pada kulit bayi. Eksim popok menyerang bagian pantat bayi, atau biasa dikenal dengan ruam popok, yaitu kulit sekitar pantat bayi kemerahan akibat kulit lembab yang dibiarkan tertutup lama.
  • Eksim susu, yaitu eksim yang diakibatkan oleh alergi bawaan dan jenis makanan yang diasup oleh ibu. Gejala yang timbul adalah area pipi yang kemerahan dan timbul bintil-bintil merah. Ada pemahaman yang salah mengenai ruam pipi ini, banyak ibu beranggapan bahwa ruam pipi diakibatkan cipratan ASI,  sering dianggap wajar. Padahal jika dibiarkan, pipi bayi akan menjadi kering dan timbul flek hitam.
Berdasarkan hasil diskusi forum dari suatu web, umumnya jika penyebabnya adalah alergi bawaan, biasanya diakibatkan dari salah satu anggota keluarga mempunyai riwayat alergi terhadap makanan atau debu, dan penyakit asma. Penyebab lainnya adalah pada masa menyusui, ibu banyak mengkonsumsi kacang-kacangan, seafood dan coklat sehingga kondisi bayi yang masih rentan menjadi sensitif pada ASI ibu.

Eksim bukanlah penyakit kulit yang menular. Eksim bisa juga timbul dari cara perawatan bayi yang kurang tepat dan sering mengabaikan hal-hal kecil mengenai kebersihan. Penggunaan AC dengan suhu maksimum juga akan memicu timbulnya eksim. Pemicu lainnya adalah penggunaan sabun mandi, bedak dan bahan baju yang tidak nyaman, produk perlengkapan bayi baru lahir yang tidak tepat

Ciri-ciri dari penyakit Eczema ini adalah kulit yang kemerahan cenderung berkerut dan bayi sering menangis karena gatal. Ada mitos yang beredar bahwa untuk mengurangi rasa gatal, ibu bisa menjilat daerah tubuh yang gatal tersebut. Akan tetapi jika dilihat dari segi kebersihan, justru akan memperparah kondisi kulit bayi. Karena dengan menjilatnya akan menambah bakteri di kulit bayi.

Jika bayi Mom terlanjur tekena penyakit Eczema ringan, jangan panik, coba gunakan krim Physiogel yang berfungsi sebagai pelembab kulit dengan tekstur sangat lembut sekali atau Desowen cream sebagai salep yang berfuingsi mengurangi bercak merah dan gatal.  Kedua krim dan salep ini dapat dibeli di toko obat terkemuka. Selain itu secara rutin membersihkan kamar bayi agar terhindar dari debu, dan pilihlah perlengkapan bayi  baru lahir dari bahan berbulu yang dapat menyimpan debu, dan kenakanlah baju bayi baru lahir yang terbuat dari katun.

Jika keadaan sudah mulai parah, segeralah ke dokter kulit anak untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Dan sebagai tindakan pencegahan, selalu menjaga kebersihan dan kelembaban kulit bayi sertai kenali gejala awal penyakit kulit bayi dan pengobatannya sejak dini.

Sumber

Jika Informasi kurang Jelas, Silahkan Klik 'Sumber' untuk menuju ke sumber artikel

1 comments:

  1. Masalah eczema atau kulit kering dan gatal pada bayi adalah masalah yang paling umum ditemui pada bayi. Segera atasi masalah tersebut dengan menggunakan pelembab kulit bayi dan salah satu produk yang cocok untuk menjaga kelembapan kulit bayi adalah Zwitsal Baby Cream.

    ReplyDelete

 
Toggle Footer