Breaking News
Belum ada Nanti aja di isi ...
Tuesday 25 November 2014

Smartphone Menyebabkan Anak Kurang Bersosialisasi


Smartphone saat ini sedang digemari oleh siapa saja tidak hanya Orang dewasa, bahkan anak kecil sekalipun saat ini sudah sering kita lihat sudah banyak anak kecil yang bermain smartphone dimana saja. Perkembangan teknologi saat ini memang berkembang pesat dan itu memudahkan pekerjaan manusia menjadi lebih mudah, cepat dan efisien. Munculnya teknologi baru seperti gadget saat ini membuat anak – anak tertarik tidak hanya orang dewasa namun tentunya dengan porsi dan fungsi yang berbeda. Kebanyakan anak – anak saat ini lebih banyak menghabiskan waktu menggunakan smartphone untuk bermain games atau bermain media social namun umumnya anak – anak yang menggunakan smartphone untuk bermain games lebih mendominasi.

Ironisnya, anak – anak yang belum fasih membaca atau menulis justru lebih mahir bermain smartphone dan ini yang menjadi tugas kita sebagai orang tua untuk mengawasi dan mengedukasi anak mengenai smartphone. Fenomena ini memang sulit dihindari dan tidak bisa lawan, orang tua harus lebih pintar – pintar lagi dalam mendidik anak agar lebih terarahkan . Smartphone merupakan salah satu faktor anak sulit bersosialisasi karena dengan asiknya bermain smartphone anak – anak akan kesulitan membaca emosi orang yang ada dihadapanny dan anak – anak akan sulit peka terhadap lingkungan sekitar. Selain itu berlama – lama menggunakan gadget juga dapat membuat mata si kecil terganggu apalagi jiga smartphone tersebut dimainkan terus menerus dalam waktu lama.

Ayo Bunda, mulai sekarang kita batasi si kecil bermain gadget demi faktor kesehatan dan kehidupan sosialnya. Bunda bisa alihkan ketertarikan mereka secara perlahan misalnya mengajak mereka bermain diluar rumah, mengunjungi rumah teman seusianya atau bunda bisa mengajak mereka berolah raga jika mempunya waktu senggang. Ada banyak cara sebetulnya untuk mengalihkan kebiasaan bermain gadget untuk anak – anak ini Cuma bagaimana bunda mengemasnya agar anak bunda menarik dengan ajakan bunda dibanding bermain dengan smartphone. Mengelakan anak smartphone kepada anak memang perlu namun semua harus sesuai dengan porsinya, tidak berlebihan.

Ada baiknya mengajarkan anak hal – hal yang lebih penting dibandingkan bermain smartphone seperti membaca, menulis, belajar berhitung dan masih banyak lagi. Jika si kecil masih sulit juga untuk menjauhkan dirinya dari smartphone mungkin bunda bisa menghapus games dan menggantikannya dengan aplikasi yang mengeduksi yang tersedia namun, lagi – lagi dengan catatan harus tetap diawasi dan dibatasi.
Jika Informasi kurang Jelas, Silahkan Klik 'Sumber' untuk menuju ke sumber artikel
Next
This is the most recent post.
Older Post

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer